Antisipasi Bencana, Dandim 0833 Kota Malang Inisiasi Penanaman Rumput Vetiver

Antisipasi Bencana, Dandim 0833 Kota Malang Inisiasi Penanaman Rumput Vetiver

MALANGBERITA – Sebagai wujud antisipasi dari terjadinya bencana longsor akibat cuaca hujan yang terus menerus di lahan yang minim tanaman, Komandan Kodim 0833 kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson menginisiasi penanaman rumput Vetiver yang dihadiri oleh Forkopimda kota Malang dan juga elemen masyarakat kota Malang pagi hari tadi, Senin (24/02/2020).

Dalam kegiatan penanaman rumput Vetiver di Tempat Pemakaman Umum (TPU) kelurahan Pisang Candi kota Malang ini juga dihadiri oleh Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kapolresta Malang Kota KBP Leonardus Harapantua Simarmata, Perwakilan Dnas PUPR Kota Malang, anggota FKPPI, anggota HIPAKAD, anggota Pramuka, pihak Kelurahan Pisang Candi dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya sebagai inspektur Apel Kesiapan Penanaman Budidaya Rumput Vetiver, Sofyan Edi Jarwoko menegaskan bahwa penanaman rumput jenis Vetiver tersebut sebagai bagian untuk menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo terkait penanggulangan bencana khususnya hidrometereologi.

“Kegiatan penanaman rumput Vetiver ini dapat terus berlangsung secara konsisten dan dilaksanakan secara menyeluruh di wilayah Kota Malang khususnya di Daerah Aliran Sungai (DAS) serta lokasi-lokasi yang dinilai rawan longsor,” ungkap Wakil Walikota Malang dalam sambutannya.

Dengan melakukan penanaman rumput Vetiver ini diharapkan akan dapat meminimalisir terjadinya bencana tanah longsor, mengingat rumput Vetiver yang asli India dan dibudidayakan di Bogor ini memiliki akar yang menyebar dan cukup panjang sehingga memiliki kekuatan untuk dapat mempertahankan lapisan tanah atas.

“Ke depan saya berharap agar rumput Vetiver juga dapat kita tanam di wilayah Supit Urang agar dapat menghindari longsor. Lahannya sudah ada tinggal kita persiapkan bibitnya,” ungkap Wakil Walikota Malang.

Usai melakukan apel, Forkopimda kota Malang beserta perwakilan elemen masyarakat yang hadir pagi hari tadi melakukan penanaman rumput Vetiver di areal sekitar makam secara bersamaan.

Ditemui usai penanaman rumput Vetiver, Komandan Kodim 0833 kota Malang, Letkol Inf Tommy Anderson menyampaikan bahwa penanaman rumput Vetiver tersebut sebagai wujud aplikasi arahan dari Presiden Joko Widodo beberaoa waktu yang lalu.

“Selain itu juga untuk menghadapi perubahan cuaca yang cukup ekstrim sehingga kita juga merasa perlu mengantisipasi terjadinya bencana tanah longsor sekaligus memperbaiki kualitas tanah,” ungkap Letkol Inf Tommy Anderson.

Menurut Dandim 0833 kota Malang, kegiatan penanaman rumput Vetiver yang diiinisiasi oleh kodim 0833 kota Malang pagi ini mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota Malang, Polresta Malang Kota serta seluruh elemen masyarakat kota Malang yang hadir dan bersama-sama melakukan penanaman rumput Vetiver tersebut.

“Rencananya kegiatan penanaman ini juga akan kembali dilakukan setelah tadi kita berkordinasi dengan Wakil Walikota, sepertinya lokasi di TPA Supit Urang menjadi sasaran berikutnya mengingat kondisinya yang memerlukan segera penanganan,” pungkas Dandim 0833 Kota Malang.

Usai melakukan penanaman rumput Vetiver, Dandim 0833 kota Malang bersama anggota Forkopimda kota Malang dan elemen masyarakat yang hadir serta warga sekitar menikmati sajian makan pagi dalam suasana yang penuh keakraban. (SO)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan