Bea Cukai Malang Laksanakan Coffee Morning Mempublis Hasil Ungkap 2019

Bea Cukai Malang Laksanakan Coffee Morning Mempublis Hasil Ungkap 2019

MALANGBERITA – Komandan Kodim 0833 Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson menghadiri acara Coffee Morning yang diselenggarakan oleh Kantor Bea dan Cukai Malang di Hotel Atria Hotel Kota Malang pagi hati tadi, Kamis (23/01/2020).

Dalam kegiatan Coffee Morning yang mengambil tema ‘Bea Cukai Malang menuju wilayah Birokrasi Bersih dan melayani’ ini dihadiri Waaster Kasdiv 2 Kostrad Letkol Inf Erwin, Dandenpom 3/V Malang Letkol Cpm Erwin FS, Kasdim 0818 Wilayah Malang-Batu Mayor Inf Teguh Pranowo, Asisten 3 Pemerintah Kota Malang Nuzul, Asisten Pemerintahan dan Kesra kabupaten Malang Sukowiyono.

Sementara itu Kakanwil Dirjen Bea dan Cukai Jawa Timur lI Oentarto Wibowo juga nampak hadir bersama dengan Kepala kantor Pengawas dan Pelayanan Tipe Madya Cukai Malang Latif Helmi, Perwakilan tiga Polres di Malang Raya, Perwakilan Lapas Kelas I Malang I Wayan Nurasta, Danramil Blimbing dan tamu undangan lainnya.

Dijelaskan bahwa Bea Cukai sebagai Community Protector memiliki tugas untuk melindungi masyarakat dari masuknya barang import berbahaya yang dilarang dan dibatasi oleh regulasi dan peredaran barang yang memerlukan pengawasan penuh seperti rokok dan minuman mengandung etik alkohol yang memiliki dampak negatif.

Oleh karena itu Bea Cukai semakin mengoptimalkan pengawasan sesuai dengan amanat Undang-Undang nomor 10 tahun 1995 Jo Undang-Undang Nomor 17 tahun 1996 tentang kepabeanan dan Undang-Undang Nomor 10 tahun 1995 Jo Undang-Undang nomor 39 tahun 2007 tentang cukai.

Kepala KPPBC Tipe Madya Malang, Lutfi Helmi menjelaskan bahwa selama tahun 2019 Bea Cukai Malang telah melakukan serangkaian penindakan di bidang Kepabean dan Cukai di wilayah Malang Raya berupa 267 Surat Bukti Penindakan (SBP) yang terdiri dari 181 Penindakan barang kiriman Pos, 55 Penindakan terhadap BKC Hasil Tembakau (HT), 28 Penindakan terhadap BKC MMEA dan 3 Penindakan terhadap BKC Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL)

“Selain meningkatkan pengawasan, Bea Cukai Malang juga menyadari bahwa peran masyarakat sangat penting dalam pemberantasan peredaran rokok ilegal. Sehingga Bea Cukai Malang menghimbau kepada masyarakat untuk ikut membantu memberantas peredaran rokok ilegal dengan cara tidak membeli, mengkonsumsi maupun mproduksi Batang kena Cukai ilegal,” harap Lutfi Helmi.

Lutfi Helmi, Bea Cukai Malang akan terus meningkatkan kegiatan pengawasan dan penyuluhan atau sosialisasi kepada masyarakat serta akan meningkatkan kerjasama yang baik dengan instansi penegak hukum lainnya yaitu POLRI, TNI, Kejaksaan, Pengadilan, Pemerintah Daerah dan Instansi lainnya.

“Serta tak kalah pentingnya Bea Cukai Malang mengharapkan peran aktif dari masyarakat dalam membantu menjalankan tugas dan fungsinya baik dengan memberikan informasi adanya pelanggaran ketentuan, maupun meningkatkan kesadaran masyarakat untuk dapat memenuhi ketentuan di bidang Kepabean dan Cukai,” ungkap Lutfi Helmi.

Sementara itu Komandan Kodim 0833 Kota Malang menyampaikan apresiasi atas kinerja yang telah dilakukan oleh Bea Cukai Malang pada tahun 2019.

“Saya harap sinergi yang telah dilakukan oleh Bea Cukai Malang dengan TNI, Polri dan Pemerintah Kota Malang selama ini dalam pemberantasan peredaran barang ilegal di wilayah Kota Malang dapat dipertahanankan, agar Kota Malang bebas dari peredaran barang ilegal,” ungkap Dandim 0833 kota Malang. (SO)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan