Petani Panen Padi, Babinsa Bangga Bisa Ikut Bantu Menjemur

Petani Panen Padi, Babinsa Bangga Bisa Ikut Bantu Menjemur

MALANGBERITA – Dalam rangka mewujudkan ptogram nasional untuk swa sembada pangan, TNI dikerahkan membantu para petani untuk meningkatkan jumlah produksi hasil tanamannya.

Begitu juga yang terjadi di kota Malang, dimana prajurit di kewilayahan khususnya Bintara Pembina Desa (Babinsa) di jajaran Kodim 0833 kota Malang turun langsung melakukan pendampingan. Pendampingan dilaksanakan sejak proses sebelum menanam, menanam, memanen hingga pasca panen.

Salah satunya adalah Pelda Suprayitno yang merupakan Babinsa dari Koramil Lowokwaru yang membantu petani di kelurahan Tasikmadu dalam melaksanakan berbagai prosesi pengeringan gabah.

“Kegiatan pengeringan gabah ini perlu dilakukan untuk bisa menghasilkan beras yang bagus dan mempunyai nilai jual yang tinggi,” ungkap Pelda Suprayitno hari ini, Kamis (25/12).

Dengan selesainya masa panen di lahan para petani yang merupakan binaannya termasuk Suyitno, membuat Babinsa turut merasakan kegembiraan dan bangga bisa turut berperan dalam keberhasilan panen para petani hingga menyempatkan diri untuk bersama-sama menjemur padi hasil panen dari lahan sawah Suyitno.

“Pendampingan kepada petani ini bertujuan untuk meningkatkan produksi padi dan menyukseskan Program Pemerintah dalam mewujudkan Swa Sembada Pangan Nasional di wilayah binaan Kodim 0833 kota Malang,” jelas Pelda Suprayitno.

Perlu diketahui, gabah setrlah dipanen masih memiliki tingkat kadar air sekitar 22 persen hingga 25 persen basis basah sehingga gabah tidak dapat langsung digiling karena kulitnya masih cukup basah sehingga sukar pecah dan terkupas.

“Oleh karena itu gabah perlu dikeringkan hingga kadar airnya berkisar 14 persen basis basah. Dan dalam proses pengeringan para petani membutuhkan area penjemuran yang baik dan cuaca yang cerah untuk meningkatkan kualitas padi,” ungkap Pelda Suprayitno.

Sementara itu, Suyitno selaku pemilik padi yang dijemur menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Babinsa yang sudah memberikan pengetahuan serta membimbing petani mulai tahap demi tahap dengan langkah-langkah yang benar agar hasil panen dapat maksimal.

“Babinsa setia mendampingi para petani, tidak segan-segan untuk datang dan hadir di tengah tengah kelompok tani untuk menularkan dan membimbing para petani binaannya. Harapan kami Babinsa akan selalu ada untuk terus mendampingi dan membantu petani deni kuakitas hasil.panen yang lebih baik lagi,” pungkas Suyitno. (A.Y)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan