Siswa SMPN 14 Ikuti Pembekalan LDKS dan Wasbang

Siswa SMPN 14 Ikuti Pembekalan LDKS dan Wasbang

MALANGBERITA – Dengan tujuan menumbuhkan kedisiplinan, kerjasama dan juga jiwa Korsa, sebanyak 283 siswa kelas 8 dari SMPN 14 kota Malang mendapatkan pembekalan tentang Latihan Dasar Kepemimpinan Sekolah (LDKS) yang diberikan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Blimbing, Serka Suyitno mulai pagi hari tadi, Jumat (14/02/2020).

Pemberian materi yang dilaksanakan di depan Lapangan SMPN 14 Kota Malang ini dimulai dengan pemberian materi tentang Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan pemahaman Wawasan kebangsaan (Wasbang) serta pembekalan cara bela negara yang sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

“Kepada para siswa ditanamkan jiwa nasionalisme dan pemahaman tentang pentingnya melakukan penghormatan pada lambang-lambang negara seperti bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu bendera merah putih sebagai bendera kebangsaan Indonesia,” jelas Serka Suyitno.

Lebih lanjut Serka Suyitno menambahkan bahwa para siswa SMPN 14 Malang juga mendapatkan materi tentang empat pilar kebangsaan yaitu pengertian dan pemahaman tentang Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

“Saya berharap para siswa akan bisa bersikap disiplin, rapi dalam berpenampilan sebagai bagian pendidikan karakter pada generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan,” ungkap Babinsa Blimbing.

Terkait dengan pelaksanaan kegiatan pembekalan LDKS tersebut, Waka Kesiswaan SMPN 14 Hariyanto menyampaikan bahwa kegiatan pembekalan Wasbang tersebut sangatlah diperlukan untuk diberikan kepada generasi muda.

“Dengan adanya pembekalan dengan berbagai materi yang diberikan ini kami berharap anak-anak dapat menjadi jembatan dalam kesinambungan kepemimpinan nasional kelak, agar mereka mendapatkan ilmu dan mengerti tentang sejarah perjuangan bangsa dan dapat turut serta mengisi dan mewarnai kemerdekaan ini sebagai penerus bangsa ini,” ungkap Hariyanto.

Pengetahuan tentang wawasan kebangsaan menurut Serka Suyitno dapat diberikan kepada masyarakat Indonesia sejak dini seperti yang diberikan kepada siswa-siswi di sekolah dimana hal itru dilakukan dengan tujuan agar dapat membentuk karakter pelajar sejak dini.

“Dengan begitu maka akan tercipta karakter yang disiplin, jujur, berbakti, menjunjung tinggi nilai luhur bangsa dan tetap menjaga keutuhan NKRI,” jelas Serka Suyitno. (SO)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan